Senin, 03 Juni 2013

fakta dan manfaat sarapan pagi

   Kebanyakan orang sering sekali meninggalkan sarapan pagi hanya karena dengan alasan sibuk semata atau tidak sempat membuatnya, padahal mereka tidak mengetahui bahwa banyak sekali manfaat yang akan didapatkan apabila rutin sarapan pagi. Seperti yang saya kutip dari   sebuah artikel kesehatan yang menyebutkan berbagai macam manfaat dari aktivitas tersebut.

I. Pengertian Sarapan Pagi
   Sarapan pagi atau makan pagi merupakan suatu aktivitas makan di pagi hari yaitu diantara pukul 06.00 sampai pukul 10.00 pagi hari dengan ketentuan makanan yang akan disantap haruslah memiliki kadar serat yang tinggi dengan protein yang cukup dan harus rendah lemak.

II. Fakta Unik serta Manfaat Sarapan Pagi
  Fakta membuktikan bahwa seperti yang dikutip dari surat kabar LensaIndonesia.com edisi sabtu 23 Februari 2013 yang menyebutkan bahwa dengan rutin sarapan pagi, kesehatan seseorang dapat terus terjaga, dapat mempertahankan ketahanan tubuh serta dapat meningkatkan konsentrasi di pagi hari, dan dapat dibedakan antara seseorang yang melakukan sarapan pagi  dengan seseorang yang tidak sarapan pagi. Fakta lain membuktikan bahwa sarapan pagi dapat membantu seseorang khususnya kaum perempuan yang sedang dalam program diet agar program diet nya  dapat berhasil, mengapa demikian?? hal ini karena ketika beraktivitas dengan perut kosong tubuh akan membakar kalori secara lambat. Menurut ahli nutrisi dan penulis buku "The F - Faktor Diet " Tanya Zuckerbrot, R.D., sarapan pagi setelah perut kosong sepanjang malam dapat meningkatkan metabolisme yang artinya pembakaran kalori sepanjang hari menjadi lebih efisien.
   Fakta lain juga membuktikan bahwa sarapan pagi dapat meningkatkan kemampuan otak terutama untuk anak - anak. Mengapa demikian??? menurut riset para ahli dari Universitas Swansea Wales membuktikan bahwa dari sejumlah pelajar yang menjadi sampel penelitian yang dibedakan menjadi dua kelompok yaitu sampel yang mendapat perlakuan (melakukan sarapan pagi) dan kelompok yang tidak mendapat perlakuan didapatkan hasil bahwa pelajar yang mendapat perlakuan mencatat rata -  rata skor 22 persen lebih tinggi ketimbang kelompok sampel yang tidak mendapat perlakuan.

III. Menu Sarapan Pagi yang Sehat
    Pada prinsipnya bahwa menu sarapan pagi yang sehat adalah makan yang mudah untuk dibuat, tidak membebani kerja sistem pencernaan dan rendah lemak. Berikut ini saya berikan 5 contoh sarapan pagi yang baik
        1. Semua olahan dari gandum, seperti oatmel gandum maupun roti gandum
        2. Olahan dari telur, telur baik untuk kesehatan karena memberikan 13 persen kebutuhan protein sehari.
        3. Smoothies, smoothies merupakan campuran antara susu dengan pisang
        4. Buah - buahan segar, banyak sekali macam buah yang dapat anda olah dan anda jadikan untuk sarapan pagi.
        5. Olahan susu baik susu murni ataupun susu permentasi atau yougurt.  


referensi:
id.wikipedia.org
www.lensaindonesia.com


1 komentar:

  1. Titanium Bike - The Tithi Engineering Team
    The Tithi Engineering titanium nitride bolt carrier group Team (Tethi Engineering Team) was one of the titanium exhaust tubing most recognized and experienced apple watch series 6 titanium engineering titanium wedding bands technicians in the U.S. and ecm titanium has been a key player

    BalasHapus